Yesaya 56:1-8 │Tertutup tetapi terbuka

Ayat Emas
(3)  “Janganlah orang asing yang menggabungkan diri kepada TUHAN berkata: “Sudah tentu TUHAN hendak memisahkan aku dari pada umat-Nya”; dan janganlah orang kebiri berkata: “Sesungguhnya, aku ini pohon yang kering.”.

Renungan
Penginjilan bukanlah hal yang asing ditelinga orang kristen pada umumnya. Akan tetapi penginjilan hanyalah menjadi slogan orang Kristen ataupun orang hanya berpikir bahwa penginjilan hanyalah tugas hamba Tuhan di gereja, para misionaris, dan orang-orang yang mungkin “tidak ada pekerjaan”. Tugas penginjilan merupakan tugas yang harusnya diemban setiap orang percaya dan bukan hanya untuk orang-orang tertentu saja melainkan semua orang yang telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat secara pribadi. Orang Israel mempunyai anggapan yang sama mengenai keselamatan. mereka berpikir hanyalah orang Israel saja yang bisa merasakan akan karya keselamatan dari Tuhan sedangkan bangsa lain tidak bisa.
Pada bagian ini Allah ingin kembali mengingatkan akan keselamatan untuk semua orang yang percaya pada Kristus. Saya memberikan judul yang unik pada renungan hari ini. “Tertutup tetapi terbuka” maksudnya adalah keselamatan dari Allah memang hanya tertutup bagi orang percaya saja atau dalam artian Kristus menyelamatkan hanya orang yang mau percaya dan menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi. Akan tetapi semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati karya anugrah Allah tersebut. Tidak memandang dari latar belakang ekonomi, suku, agama, ras, dll. Tangan Allah tetap terbuka bagi semua orang untuk datang pada-Nya dan bertobat.
Orang kristen seringkali egois dengan tidak mau memberitakan Injil dan menganggap bahwa cukup saya saja yang menerima keselamatan. Eksklusifitas yang sering kali membuat orang lain (orang non kristen) menjadi antipati dengan kekristenan. Oleh sebab itu mari kita memiliki semangat untuk memberitakan Injil tetapi jangan membawa eksklusifitas sehingga orang lain dapat menerima kita dan Injil dapat diberitakan.

Aplikasi
Belajar melihat orang lain sama dimata Tuhan dan mereka juga sama membutuhkan Injil tidak perlu melihat latar belakang dan SARA.
GBU
^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s